Lembar Distraksi

Ada satu tool yang cukup praktikal mengatasi gempuran distraksi notifikasi dalam kerjaan kita sehari-hari. Tool sederhana yang ingin saya share kali ini. Teknik yang saya coba terapkan beberapa bulan belakangan setelah menyadari banyaknya responsibilites yang harus dijalankan bersamaan, dan switching context yang sulit dihindari malah membuat produktivitas dihari itu sjadi menurun. Setidaknya setelah mencoba beberapa kali, teknik ini bisa membantu clearing and decluttering the messy in our mind. Nama tool ini adalah: lembar distraksi.


Saya lupa detailnya darimana saya dengar tentang metode ini. Kalau tidak salah dari salah satu video youtube yang membahas tentang produktivitas. Cara menggunakannya juga super sederhana, cukup sediakan satu lembar kertas dan beri judul “lembar distraksi”, atau bisa juga mendedikasikan satu halaman di tablet atau laptop kita. Ketika kita mulai mengerjakan satu hal yang paling bernilai, our most valuable and important task, kemudian tiba-tiba terpikirkan sesuatu hal yang lain, ambil lembar distraksi tadi dan tuliskan apa saja yang muncul di kepala kita tentang hal tersebut, lalu kemudian kembali mengerjakan hal yang utama tadi. 


Setelah selesai, kita bisa kembali me-revisit lembar distraksi tadi dan mulai memikirkan lebih detail tentang hal tersebut, apakah perlu untuk ditindaklanjuti atau dicoret dan dilupakan. So far, ini cukup efektif buat saya yang kadang-kadang teringat belum menelepon orang tua ketika lagi sedang mengerjakan proposal misalnya. Dengan attention span yang terbatas, dan kebiasaan context switching yang sulit dihilangkan, tools ini setidaknya bisa mengurangi sedikit problem manusia modern ini.


Selamat mencoba!


Komentar

Postingan Populer