A Journey from Paris to Athens


Setelah menyelesaikan sidang thesis bebeberapa waktu yang lalu –dengan segala drama dan dinamikanya, kami kemudian diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil study kami di dalam sebuah international conference, yang juga dapat dihadiri oleh publik atau pihak external yang tertarik dengan topik atau isunya. Conference ini pun menjadi conclusion remarks sekaligus me wrap up program joint degree selama dua tahun ini. Dan biasanya agenda annual conference ini dilakukan di salah satu negara mitra, dan tahun ini kami dapat kesempatan untuk hadir dan presenting our thesis in Siros, Greece, alias Yunani.



Stasiun di kota Milan
Sebenarnya kami diberi dua opsi dari Paris untuk tiba disana: menggunakan pesawat yang berarti lebih cepat, atau opsi lebih lama menggunakan kereta, ferry dan bus tapi penuh petualangan.  Tentu saja opsi kedua menjadi pilihan menarik untuk dicoba. Saya dan teman-teman merencanakan itinerary dari Paris menuju Siros menggunakan kereta cepat menuju Bari, sebuah kota Pelabuhan di bagian tenggara Italia, kemudian menumpang Ferry ke Patras, di Greece, lalu menggunakan bus menuju Ibu Kota Yunani di Athens, sampai kemudian terakhir naik Ferry lagi untuk tiba di Siros. Kurang lebih waktunya 4-5 hari perjalanan dengan itinerary ini, karena kami harus menginap di beberapa kota seperti di Milan, Bari, dan Athens untuk bisa mengejar jadwal bis atau ferry di pagi harinya. Sebuah pengalaman baru lagi yang akan selalu dikenang sepanjang hidup 🙂



Sebelum meninggalkan Bari

Di setiap kota yang kami singgahi, rasanya benar-benar seperti pindah dari satu masa ke masa yang lain. Dari Milan ke Bari misalnya, bangunan-bangunan, orang-orang dan suasananya begitu berbeda. Di Bari, kami melihat banyak warga sekitar yang menjajakan olahan hasil laut yang dikeringkan.




Spending a day walking around Bari


Terlebih lagi ketika tiba di Athens, rasanya seperti dibawa ke masa lampau ketika melihat struktur bangunan seperti rumah warga, gedung pemerintahan dan stasiun keretanya. Kami juga sempat mengunjungi Acropolis, beberapa situs dan bangunan yang berada di puncak yang menjadi saksi sejarah peradaban Yunani. Dari atas sini kami menunggu waktu terbenam matahari, memandangi kota Athens yang perlahan mulai ‘menyala’ dengan lampu-lampu rumah. Sebuah malam yang magis di kota yang magis. Masya Allah.


Acropoli


To be continued…




A magic night in Acropoli





Komentar

Postingan Populer