After Thesis Defense

Hello. Just wanted to share my experience on defending master thesis here. Alhamdulillah di bulan Juni ini, setelah beberapa pekan terakhir spending time untuk menulis thesis dari Indonesia, interview beberapa responden, dan pindah ke satu perpustakaan dan perpustakaan lainnya, tanggal 14 kemarin akhirnya sidang tesis terlaksana dengan lancar jaya. Alhamdulillah!


Tentunya semuanya dimudahkan dengan pertolongan Allah. Mulai dari dapat topik yang memang saya sukai (off course, social entrepreneurship), supervisor yang baik hati, dan teman-teman founder social enterprise yang sangat berbaik hari bersedia menjadi responden thesis saya. Teman-teman seperjuangan di EPOG yang sudah membantu memberikan feedback sewaktu trial, dan siapapun yang tidak bisa satu persatu disebutkan! haha kenapa jadi kaya acknowledgement di halaman depan thesis gini.


It was definitely a nerve-wracking experience, yang sampai sekarang juga ga nyangka kalau bakalan bisa ngelewatin fase thesis defense ini dengan lancar, dan dapet gelar double master di bidang ini. Saat presentasi bahkan dapet komentar yang baik dari dua supervisor, dan direkomendasikan untuk lanjutin study tentang thesis saya ini ke jenjang selanjutnya (yang sepertinya tidak dulu hehehe). Karena memang topik just transition ini sangat baru apalagi untuk case Indonesia, terlebih dengan konteks waste management.

Sepertinya opsi untuk lanjut PhD perlu dipertimbangkan matang-matang kembali, karena sepertinya butuh mengistirahatkan otak yang sudah dipakai habis-habisan beberapa bulan ini. Saatnya menikmati sisa waktu-waktu terakhir disini, karena sepertinya akan kembali ke Indonesia bulan depan. Mungkin kalau sudah siap lagi baru memikirkan rencana mengambil studi PhD nya :)



Sekali lagi terima kasih teman-teman yang sudah mensupport penulisan thesis ini, buat yang ingin baca summary atau abstract dari hasilnya bisa kontak via email ya. Sampai jumpa lagi!

My hot spots di ruangan defense


Spot favorit di saah satu perpustakaan di Sorbonne


Komentar

Postingan Populer