Hal Yang Tersulit

Beberapa hari terakhir rasanya banyak tantangan yang datang silih berganti. Kadang ada saat-saat merasa lemah, yang membuat diri ini vulnerable dengan pikiran-pikiran negatif dan pesimis yang datang dari syaitan. Alhamdulillah, ada jurus jitu yang sampai saat ini masih saya gunakan disaat-saat seperti ini: muraja’ah (pengulangan). Dengan membuka kembali catatan-catatan lama, baik yang tersimpan di buku catatan atau virtual cloud (drive, notion, dsb), dapat menghadirkan kembali semangat di dalam diri. Salah satu catatan dari kajian Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri ini inshaAllah akan saya share kali ini sebagai rangkaian dari #UstNuzulDzikriSeries di blog ini.


Well, point catatan kali ini adalah: Man Tsabata Nabata


Artinya, barang siapa yang fokus di satu titik, maka dia yang akan tumbuh.


Sebenarnya konsep sederhana ini berkaitan dengan fenomena penuntut ilmu yang pada waktu itu —dan mungkin masih sampai sekarang —adalah cenderung lebih menyukai kajian-kajian tematik dibanding kajian rutin setiap hari atau setiap pekan. Tanpa mengesampingkan kajian tematik yang juga punya peran penting, tapi tanpa self-discipline untuk hadir di kajian rutin kita tidak akan tumbuh sebagai penuntut ilmu sejati. Catatan yang sangat menohok buat saya pribadi.


Apalagi melihat kondisi kebanyakan kita saat ini yang hidup dengan teknologi yang membuka opportunity begitu banyaknya, konsep ini sangat relate agar bisa menjaga konsistensi, dan fokus pada satu bidang sampai kita benar-benar tumbuh.  Tidak mudah memang, dengan serangan distraksi, notifikasi setiap hari membuat kita ingin cepat-cepat pindah dari satu hal ke hal yang lain. Tapi memang itulah ujiannya, seperti dijelaskan oleh Ustadz juga kalau cobaan terbesar bagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah istiqomah. Ini ujian terberat dan terbesar, karena tidak mudah kecuali yang diberikan taufik oleh Allah.


Konsep ini tidak hanya berlaku di dunia kajian saja, tapi juga di setiap bidang kehidupan yang lain. It’s self explanatory. Kalau kita ingin punya badan yang bagus, maka ke gym sekali sebulan walaupun berjam-jam tidak akan memberikan dampak ke tubuh kita. Semua hal besar butuh konsistensi, dan menjalaninya tidak semudah membicarakannya. Semoga Allah berikan kita kemampuan untuk bisa konsisten dalam merutinkan kebiasaan-kebiasan baik, berpahala, dan bermanfaat. Dan semoga Allah berikan keikhlasan di hati kita untuk menjalankannya aamiin.


#UstNuzulDzikriSeries


View from salah satu jembatan di kota Yogyakarta

Komentar

Postingan Populer