Nature-based Solution

Di awal tahun ini ada satu habit yang mulai saya coba terapkan setiap hari: keluar rumah, berjalan dan melihat alam terbuka. Sound simple, tapi ternyata ada beragam manfaat yang didapat, yang juga mulai saya rasakan beberapa minggu terakhir, setelah berkesempatan field trip di alam terbuka di air terjun pancur aji di Sanggau dan greenery surrounding di Musi Banyuasin beberapa minggu yang lalu.

Awalnya dari mendengar podcast Hidden Brain, episode How The Great Outdoors Can Improve Your Life dimana Shankar dan psikolog Ming Kuo membahas studinya tentang bagaimana alam bisa berpengaruh positif terhadap kondisi piskologis manusia. 


Di episode ini, diceritakan hasil studi Kuo selama lebih dari 30 tahun, dimana dia menemukan orang-orang yang punya akses ke nature,  mereka akan memiliki fungsi sosial, fungsi psikologis, kesehatan fisik yang lebih baik. Banyak riset lain yang juga menconfirm benefit yang sama seperti:


  • Meningkatkan empati dan kerjasama

  • Mempertajam fokus dan attention

  • Improve mood and boost happiness 

  • Memperkuat sistem imun

  • Menurunkan stress, depresi dan anxiey


Perasan connect dengan alam bisa membawa manfaat  yang banyak untuk emotional dan well-being manusia. Selain manfaat diatas, nature juga punya manfaat secara sosial, misalnya hasil studi tentang bagaimana adanya green spaces bisa menurunkan tingkat kriminalitas di suatu area. Ternyata tidak hanya green spaces, tapi juga termasuk blue space seperti aquatic environments, bisa mendatangkan manfaat untuk kita. 


Sangat jelas, tidak ada lagi alasan untuk terus duduk dan berada depan laptop berjam-jam tanpa keluar sebentar untk melihat alam. Sejenak ‘membersihkan’ kepenatan dengan berjalan di alam bebas, dan kesempatan untuk mindful walk. Tidak harus hiking, bisa sesederhana berjalan beberapa menit di area terbuka dekat rumah atau di kantor kita.


Selamat mencoba!


Air terjun pancur aji di Sanggau




Komentar

Postingan Populer