Main Belakang

Bismillah. 

Kali ini ingin sedikit berbagi cerita. Tentang tantangan menjalani long distance marriage di rumah tangga kami yang baru seumur jagung ini. Tentu bukan hal yang mudah, apalagi belum lama ini baru saja diamanahi anggota keluarga baru, yang menambah tanggung jawab dan pertanyaan baru di hari akhir nanti. 


Sudah beberapa bulan setelah kembali ke Paris, dan berjauhan beribu-ribu kilometer, membuat perasaan rindu semakin membuncah. Untungnya kami dibantu dengan teknologi bernama video call yang bisa mengobati rasa ini. Dengan kondisi yang berjauh-jauhan ini, penting sekali untuk menjaga komunikasi terus menerus, –seperti rekomendasi beberapa teman yang telah melewati masa LDM ini. Karena potensi konflik dengan pasangan yang berjauhan lebih besar, maka penting untuk selalu over communicate with our partners, bahkan untuk hal-hal sepele pun, selalu dicoba ditengah-tengah kelas dan badai tugas paper di kampus. Apalagi selisih waktu kami yang hampir 7 jam, ujian kami rasanya menjadi lebih menantang ehehe.


Sebenarnya satu tips ampuh yang selalu kami pegang adalah sebuah nasihat dari guru kami, Ustadz Muhammad Nuzul Dzikri -hafizhahullah, dalam suatu kajian onlinenya. Bahwa ada banyak sekali godaan buat kita untuk berkhianat dengan pasangan kita, apalagi jika dalam kondisi tidak bersama. Potensi “main belakang” nya jauh lebih besar, bahkan kita bisa mengeluarkan segala jurus taktik untuk mengelabui pasangan kita dan bermain cantik tanpa diketahui sama sekali –atau mungkin sampai kita dikubur dalam tanah. Namun, dengan menyadari bahwa walaupun main belakang kita saat ini tidak diketahui oleh pasangan dan keluarga, ingat bahwa Rabb nya istri kita tahu dan memperhatikan apa yang kita perbuat. Kita bisa saja terhindar dari balasannya di dunia, tapi bagaimana di akhirat nanti? Tidak ada namanya main belakang dihadapan Allah azza wa jalla. Bahwa ada konsekuensi besar yang menanti kita menjadi rem paling ampuh untuk mencegah hal-hal yang dapat merusak rumah tangga.


Mungkin itu dulu sedikit cerita sekaligus curhatan dan tips kali ini, semoga bisa bermanfaat paling tidak untuk kembali mengingatkan diri ini dan teman-teman yang mungkin juga sedang di masa LDM dengan pasangan. Semoga Allah selalu jaga kita dan membuat kita istiqomah baik sedang bersama ataupun sendirian. 


BarakAllahu fiikum.


#UstNuzulDzikriSeries


Komentar

Postingan Populer