The Thesis Puzzle: Connecting Social Enterprises and Just Transition

Tidak terasa waktu untuk menulis tesis sudah didepan mata. Di tahun kedua perkuliahan ini, kami diminta untuk mensubmit proposal master thesis, lengkap dengan tanda tangan persetujuan supervisor. Karena melibatkan banyak kampus, setiap orang di program ini harus memiliki supervisor yang berasal dari minimal dua kampus berbeda, yaitu kampus tempat kita belajar di tahun pertama –in my case, University of Turin dan minimal satu supervisor berasal dari kampus partner di Paris. Oh iya, sebenarnya dalam menulis thesis, kita diberikan pilihan apakah akan menulis dalam lingkup research lab atau dalam professional environment dimana kita bisa intern di salah satu partner program. Saya sendiri memilih pilihan pertama karena lebih fleksibel dalam menentukan topik dan subjek penelitian yang disukai.


Terkait topik penelitian, pihak konsorsium program sebenarnya memberikan beberapa daftar alternatif topik penelitian lengkap dengan supervisor yang akan mendampingi. Setelah proses brainstorming yang cukup panjang dan berdiskusi dengan supervisor, akhirnya saya memilihi untuk menulis tentang usaha sosial, dengan framing peran mereka dalam mendukung transisi ekonomi hijau yang adil di Indonesia. Isu transisi yang adil (atau biasa disebut just transition) ini menjadi cukup seksi untuk diteliti lebih jauh terlebih karena term ini masih sangat jarang di-explore di Indonesia apalagi di konteks ekonomi sirkular. Tapi tantangannya menjadikan Indonesia sebagai subjek penelitian ternyata tidak semudah yang saya bayangkan, karena ketersediaan data yang masih sangat terbatas.


Untungnya bapak supervisor saya sangat supportive membantu dalam proses literature review, sampai membantu mencarikan responden dan expert yang tepat untuk di-interview. Untuk thesis saya ini, saya mengambil studi kasus beberapa existing social enterprises di Indonesia dengan menggali potensi organizational and business model mereka dalam mendukung transisi yang adil. Proses pemilihan responden pun saya lakukan dengan metode snowball sampling dan extensive stakeholder engagement untuk menggali lebih karakter dari usaha sosial di sektor waste management. Kenapa sektor waste management? karena ternyata di Indonesia bahkan Eropa isu just transition ini banyaknya diangkat dalam sektor energi hijau, sedangkan sangat jarang yang membahas dalam konteks ekonomi sirkular dan atau waste management. Jadinya akan menarik jika bisa mengisi gap ini.


Karena responden dan subjek penelitian ini ada di Indonesia, jadilah bulan ini saya ada alasan kembali ke Indonesia, dan alhamdulillah bisa melaksanakan puasa Ramadhan bersama keluarga, dan tidak merasakan puasa 16 jam lebih seperti waktu di Turin tahun lalu hahaha. Alhamdulillah, bisa mengerjakan thesis ini sambil menikmati pemandangan sawah, ngadem di perpustakaan kampus orang di Palu, dan kembali merasakan pisang ijo dan jalangkote saat berbuka puasa.



Menulis thesis dari salah satu cafe dengan view sawah di Jawa Tengah


Sekian dulu cerita singkat proses menulis thesis kali ini, nanti kalau thesisnya sudah jadi semoga bisa share disini lagi hasilnya. Sampai jumpa!


Merasakan Pisang Ijo Kembali di Palu


Komentar

Postingan Populer